Kolaborasi yang Menawan

                Belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pernah lihat film Denias? Ya… Denias adalah salah satu film yang meengajarkan bahwa belajar bisa dimana saja. Dan belajar di alam terbuka salah satunya. Selain bisa belajar, mata dan pikiran kita akan lebih fresh. Karena suasana hijau alam “meradiasi” ke seluruh bagian tubuh. Mata yang ngantuk akan kembali segar. Pikiran akan jernih karena kesejukan semilir angin. Dengan ini pula, kita bisa lebih menghormati alam. Sehingga akan mengkolaborasikan ciptaan Allah Yang Maha Sempurna dengan ‘BALANCE’.

                Konsep inilah yang dilakukan oleh salah satu guru SDIT Insan Mulia Kajen, Ustadzah Kiki. Beliau melaksanakan pembelajaran di ruang terbuka. Tepatnya di bawah rindangnya pohon “sengon”. Hal ini bisa menghilangkan kejenuhan anak didik. IMG0536ATidak bisa dipungkiri belajar terus menerus di dalam ruangan bisa membuat anak jenuh.        Kembali ke pembelajaran yang dilakukan ustadzah Kiki. Anak – anak nampak kelihatan senang dan ceria. Tentunya akan sangat membantu dalam penyerapan ilmu bagi anak, disebabkan kondisi anak yang FUN. Variasi yang sangat “menawan” melihat yang diajar beliau adalah anak didik kelas satu yang notabennya mereka lebih senang bermain. Bawaan dari proses pembelajaran mereka sebelumnya yakni di TK.

                Pembelajaran ini ( read: belajar di alam terbuka ) tidak hanya dilakukan oleh ustadzah Kiki semata. Melainkan semua ustadz dan ustadzah di SDIT Insan Mulia. Untuk memberikan variasi dalam pembelajaran kepada anak didiknya.

                SELAMAT BERKARYA saudara – saudariku. Semoga Allah senantiasa melimpahkan pertolonganNya kepada kita untuk istiqomah mendidik para Mujahid Muda Indonesia.

By.  Hanif ZA.

Gallery | This entry was posted in Artikel dan Opini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s