Anak Didik TKIT Insan mulia melaksanakan Manasik Haji

Tepatnya pada hari sabtu (3/11), kemarin TKIT Insan Mulia mengadakan kegiatan manasik haji di ISLAMIC CENTER Kedungwuni. bertepatan dengan bulan Dzulhijjah yang sering disebut juga bulan haji. karena di bulan ini seluruh umat islam di dunia melaksanakan ibadah haji.   kegiatan tersebut adalah  kegiatan yang diadakan  oleh  JSIT KORDA PEKALONGAN yang di ikuti  lembaga Pendidikan Usia Dini dan TKIT yang termasuk dalam Jaringan  Sekolah Islam Terpadu, salah satunya adalah TKIT Insan Mulia Kajen. Kegiatan ini dilaksanakan 2 tahun sekali dan kegiatan ini sudah menjadi program kegiatan di TKIT Insan Mulia. semua anak didik TKIT Insan Mulia dari kelompok A (kecil)  sampai kelompok B (besar) ikut melaksanakan Manasik Haji.

Dalam melaksanakan kegiatan ini anak didik memakai baju ihram seperti layaknya seorang haji. melakukan amalan ibadah haji dengan berurutan , mulai dari awal kedatangannya di bandara king abdul aziz ,membaca do’a niat haji, wukuf,dalam wukuf anak didik membaca do’a kedua orang tua, do’a kebaiakan dunia akhirat dan kalimat tasbih, kemudian diteruskan bermalam di mina , melempar 3 jumroh, anak didik melempar jumroh ula, wustho, dan aqobah dengan menggunakan batu kerikil yang sudah di persiapkan dari rumah, masing – masing jumroh anak didik melemparkan 7 buah kerikil, setelah melempar jumroh anak didik melakukan  thowaf , thowaf  yaitu mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali dan mencium hajar aswad, setelah selesai thowaf saatnya anak didik melaksanakan sa’i, yaitu lari lari kecil dari bukit shofa menuju bukit marwah sebanyak 7 kali.  dan  yang terakhir anak didik melaksanakan tahallul yaitu menggunting rambut minimal 3 helai rambut .  dengan do’a –  do’anya yang sudah dipelajari oleh mereka. tak lupa kalimat talbiyah selalu di kumandangkan oleh mereka.  tak ketinggalan pula para ustadz dan ustdhah yang mendampingi dan membimbing mereka dalam  melaksanakan   kegiatan tersebut.

kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan sekaligus mempraktikan cara melaksanakan ibadah haji, sehingga mereka tahu apa itu ibadah haji.  dan mereka juga akan ingat  bahwa ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yaitu rukun islam yang ke 5.  sehingga kelak mereka dewasa sudah bisa melakukan ibadah haji yang sebenarnya. amiin….

by: oka jazari

Gallery | This entry was posted in TKIT Insan Mulia. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s