Gebyar pesantren Ramadhan di TKIT INSAN MULIA

Jum’at (27/7) s.d sabtu (28/7) TKIT INSAN MULIA mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan atau sering juga disebut kegiatan Mabit (Malam bina iman dan takwa). Kegiatan ini adalah  kegiatan dimana anak didik  TKIT  INSAN MULIA terutama   kelas B menginap di sekolah  tanpa pendampingan orang tua. Kegiatan ini untuk melatih kemandirian , keberanian, dan  menambah wawasan keislaman. Selain itu juga untuk melatih anak – anak untuk belajar puasa dan mengamalkan sholat lima waktu tak ketinggalan pula sholat tarawih. kegiatan ini di adakan setiap tahun di bulan Ramadhan. Hampir semua anak didik kelas B (80%)  ikut berpartisispasi dalam kegiatan ini (mabit) sehingga kegitan ini berjalan dengan penuh keceriaan dan  keakraban.

Kegiatan ini (mabit) adalah salah satu program kegiatan TKIT INSAN MULIA yang memang di programkan  setiap tahunnya.

Di awali dengan pembagian Ta’jil pada sore hari   jam 4  anak didik  kelas B membagikan Ta’jil untuk berbuka puasa kepada warga kampung  di sekitar  sekolah.  Disini anak-anak membagikan ta’jil melalui door  to door atau dari rumah ke rumah . kegiatan  ini (pembagian ta’jil)  dapat  melatih anak didik untuk saling berbagi dengan orang lain.  Masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan anak didik (TKIT Insan Mulia ) selama menginap di sekolah  seperti  buka bersama, sahur, berbagi cerita(sharing)  dan lain sebagainya.

Kegiatan ini menjadi pengalaman baru bagi anak didik (TKIT Insan Mulia), sehingga mereka tahu apa itu arti dari puasa. Puasa tak hanya menahan lapar dan haus tapi juga menahan  diri dari hal hal yang tidak baik seperti marah, suka jailin temannya  dan lain sebagainya. Belajar untuk saling memaafkan ketika ada temannya yang salah dan meminta maaf.

Harapan dari guru – guru TKIT Insan Mulia dengan adanya kegiatan ini semoga  Mereka akan tetap mengenang pengalaman mereka selama mabit di sekolah, semoga kelak dapat menjadi anak yang sholih dan mensholihkan .

 by: oka jazari

Gallery | This entry was posted in TKIT Insan Mulia. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s