SISWA SDIT INSAN MULIA BELAJAR DI RUMAH JAMUR

Rabu (7/3) Siswa SDIT Insan Mulia melaksanakan Progam Studi Lapangan (PSL) ke Home Industri Jamur Tiram Berkah Makmur di Dukuh Randukuning Desa Harjosari kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Tujuan PSL ini adalah untuk mengetahui cara perkembangbiakan jamur tiram, hasil olahan jamur tiram dan wawancara dengan pengelola budidaya jamur tiram. Kegiatan ini diikuti oleh 27 siswa kelas V dan didampingi oleh dua orang guru kelas yaitu Sujarwanto, S.Pd. dan Etik Susilaningsih S.Pd.

Siswa tampak bersemangat mengikuti kegiatan ini dari awal sampai mereka kembali ke sekolah. Pertama-tama mereka mengikuti penjelasan dari bapak Sutejo sebagai pemilik Home Industri tentang berbagai jenis jamur. Kemudian dengan sangat antusias anak-anak bersama-sama membuat media perkembangbiakan jamur dan menanam bibitnya. Setelah itu, para siswa masuk ke ruangan yang jamurnya sudah siap panen. di sana mereka belajar dan praktek langsung cara memetik jamur tiram. Kegiatan ini diakhiri dengan praktek mengolah jamur yaitu membuat lunpia isi jamur tiram.

“Wah, asyik banget PSL di rumah jamur ini, bisa tau cara perkembangbiakan jamur, cara membudidayakan jamur bahkan makan masakan jamur yang enak dan lezat.pokoknya seneng banget deh” kata Arief Wibawanto salah satu siswa peserta PSL saat ditanyai.

M. Rosyid Ridho, S.Pt., kepala sekolah SDIT Insan Mulia Kajen ketika ditanyai ditempat lain mengatakan bahwa Kegiatan PSL merupakan kegiatan rutin sekolah yang diadakan dua kali setiap satu semester. ” PSL merupakan progam yang mendukung pembelajaran CTL (Contekstual teaching Learning) agar siswa mendapatkan pengalaman langsung dari apa yang mereka pelajari.” ujarnya.

By Faroh

Gallery | This entry was posted in SDIT Insan Mulia. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s