Tes Psiklogi Bagi Anak Untuk Mendeteksi Kemampuan(kecerdasan) Dasar Anak

Jum’at, 20 Januari 2012 TKIT Insan Mulia melaksanakan pertemuan dengan wali murid. Hal ini untuk mensosialisasikan pengurus dan program FOSOM-G yang beberapa bulan lalu telah terbentuk. Pada kesempatan kali ini juga, dilaksanakan penyuluhan Psikologi terkait akan dilaksanakan test psikologi kepada anak keesokan harinya. Ini merupakan salah satu dari program FOSOM-G yaitu Mengadakan ceramah dan dialog dengan mendatangkan staf ahli setiap 3 bulan sekali (Pelatihan ESQ, Psikologi, Kesehatan). Program FOSOM sendiri dibagi menjadi 4 bidang. Pertama BIDANG PENGENDALIAN MUTU PENDIDIKAN, kedua BIDANG KEROHANIAN, ketiga BIDANG SOSIAL dan BIDANG PHBI.
Acara dibuka dengan sosialisasi pengurus dan program fosom yang langsung disampaikan oleh ketua fosom Ibu Kardiana Wahyu Haningtiyas. Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan psikologi. Acara penyuluhan psikologi ini kami bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia Pelita Harapan Bangsa yang berkantor pusat di Magelang Jawa Tengah.
“ test psikolgi ini bertujuan untuk mendeteksi kemampuan dasar anak. Sehingga bisa dicari solusinya, IQ yang rendah agar bisa menjadi tinggi, dan yang IQ tinggi agar menjadi lebih tinggi lagi. Namun, IQ tinggi terkadang di sekolah prestasinya biasa-biasa saja. Itu karena ada 2 hal, yaitu kemampuan dan kemauan.
Tentunya untuk hasil yang sesuai, anak harus dikondisikan dari rumah sehingga anak-anak merasa nyaman dan enjoy ketika test psikologi. penuhi gizi anak dengan sarapan, hindari anak membawa masalah dari rumah. Misalnya seragam belum kering,  anak bisa menjadi “stres”. Sehingga hasil testnya kemungkinan tidak sesuai dengan keadaan anak ketika fresh. Anak – anak akan diberikan soal test tentang daya Abstrak, daya Nalar dan juga hitung.” Demikian yang disampaikan Bapak Ahmad Azhar Agus Setiawan, S.Psi saat memberikan penyuluhan.

Keesokan harinya yakni sabtu, 21 Januari 2012. Anak didik TKIT Insan Mulia melaksanakan tes psikologi. Anak-anak pun senang mengikuti tes tersebut. Meskipun ada juga anak yang mengerjakan dengan lari-lari.
Semoga kegiatan ini bisa membantu kami, baik pihak sekolah maupun orang tua murid dalam meningkatkan kemampuan anak.

Gallery | This entry was posted in TKIT Insan Mulia. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s